Minggu, 10 Oktober 2021

UEFA Nations League: Diwarnai Gol Penalti, Italia Bungkam Belgia & Jadi Juara 3

 


Duel antara Italia vs Belgia dalam ajang UEFA Nations League 2020/21 dimenangkan oleh Gli Azzurri dengan skor akhir 2-1. Dengan hasil ini, anak asuh Roberto Mancini berhak menjadi juara ketiga.


Gol Italia pada laga ini diciptakan oleh Nicolo Barella (46') dan Domenico Berardi via penalti (65'). Sementara Belgia hanya mampu membalas satu gol saja lewat Charles De Ketelaere di menit 86.

Susunan Pemain Italia vs Belgia

Italia XI: Donnarumma (GK), Di Lorenzo, Acerbi, Bastoni, Emerson, Barella, Locatelli, Pellegrini, Berardi, Raspadori, Chiesa.

Belgia XI: Courtois (GK), Alderweireld, Denayer, Vertonghen, Castagne, Witsel, Tielemans, Saelemaekers, Vanaken, Batshuayi, Carrasco.

Jalannya Laga Italia vs Belgia

Sepanjang 20 menit pertama, keduanya masih mencari cara untuk saling membongkar pertahanan lawan. Namun, belum ada gol yang tercipta dari beberapa peluang awal.

Anak asuh Roberto Mancini tampil lebih menekan. Tercatat ada dua peluang berbahaya dari Berardi dan Raspadori. Namun, belum ada yang mampu mengoyak jala gawang Courtois.

Skema serangan balik hampir saja membuka keunggulan Belgia pada menit 25. Tusukan Batshuayi di sisi kanan penyerangan bisa disambar oleh Saelemaekers dengan sebuah sepakan. Sayang, bola masih membentur tiang gawang dan bisa diamankan oleh Donnarumma.

Semenit jelang babak pertama usai, Chiesa berhasil mendapatkan peluang emas saat berhadapan satu lawan satu dengan Courtois. Namun, ia gagal mencetak gol ke gawang Belgia usai bola sepakannya masih bisa diadang kaki Courtois.

Hingga akhir babak pertama, belum ada gol yang tercipta. Papan skor masih menunjukkan 0-0 hingga turun minum.

Kembali dari ruang ganti, gol yang ditunggu-tunggu akhirnya tiba di menit 46. Berawal dari sepak pojok yang mampu dihalau bek Belgia, Barella menyambar bola muntah dengan sepakan voli keras mendatar. 1-0 Italia memimpin.

Seakan di atas angin, Italia berhasil menggandakan keunggulan di menit 65. Sebelumnya, Chiesa dilanggar oleh Castagne di kotak penalti. Berardi yang dipercaya sebagai algojo sukses membawa Italia menjauh dengan skor 2-0.

Belgia yang tertinggal dua gol mencoba mengejar. Peluang emas didapat oleh Alderweireld di menit 69. Namun, Donnarumma masih sigap untuk menghalau laju bola dari sepakan pemain Belgia tersebut.

Empat menit jelang laga usai, Belgia bisa membalas satu gol lewat Charles De Ketelaere yang memanfaatkan assist dari Kevin de Bruyne. Belgia kini tertinggal satu gol.

Meski terus mencari gol penyeimbang, Belgia gagal berbuat banyak. Hingga peluit panjang dibunyikan, skor 2-1 bertahan untuk kemenangan Italia. Dengan hasil ini, anak asuh Roberto Mancini berhak menjadi juara tiga UEFA Nations League.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROMO NOMOR REKENING


PROMO MEMBERSHIP (LOYALTY POINT)