Senin, 22 Maret 2021

Kandidat Presiden Kongo Meninggal Sehari Usai Pemilu Akibat COVID-19

 



Kandidat Presiden Republik Kongo dari partai oposisi, Guy Brice Parfait Kolelas, meninggal dunia akibat COVID-19 pada Senin (22/3). Ia meninggal sehari setelah proses pemungutan suara pemilihan presiden.


Kolelas meninggal dunia di dalam sebuah pesawat medis saat mendarat di bandara Paris. Ia terbang ke Paris untuk mendapat perawatan lebih lanjut.




"Jantung Kolelas berhenti ketika pesawatnya mendarat di Paris dan tim ambulans tidak dapat menyelamatkannya," kata penasihatnya, Didier Loco dikutip dari Reuters, Selasa (23/3).

Namun juru bicara Kolelas, Justin Nzoloufoua, belum berkomentar terkait penyebab kematian Kolelas.

Sementara dalam sebuah video yang beredar, Kolelas terlihat terengah-engah dan memegang masker oksigen di samping wajahnya. Pria berusia 61 tahun itu mengatakan, dia sedang berjuang melawan kematian.

Semasa hidupnya, Kolelas merupakan penantang terkuat Presiden Denis Sassou Nguesso yang merupakan calon petahana. Meski para diplomat dan analis meragukan petahana akan menang dan memperpanjang kekuasaannya selama 36 tahun.

Para pendukung Kolelas di ibu kota Brazzaville berduka atas kabar mengejutkan ini.

“Semua orang mengandalkan dia. Kami sangat kecewa," kata seorang warga bernama Edgar Masomba.

Selain itu, ada beberapa pendukung meragukan Kolelas benar meninggal karena COVID-19. Beberapa elite partai kemudian mencoba untuk menepis adanya teori konspirasi.

“Apakah itu COVID atau yang lainnya tidak penting bagi kami. Yang penting adalah masa depan partai. Sayangnya, malapetaka datang pada saat kami sedang menghitung hasil. Kami tidak memiliki informasi hari ini untuk mengatakan apakah dia menang atau tidak," kata Sekretaris Jenderal Partai Oposisi Gaston Malanda.

Lebih jauh, mengenai hasil pemilu sejauh ini hasil perolehan perhitungan suara sementara, Sassou Nguesso masih unggul. Termasuk di beberapa daerah di mana ia memenangkan 100 persen suara.

"Mereka semua menunjukkan tren yang sama," kata Ketua Komisi Pemilihan Kongo Henri Bouka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROMO NOMOR REKENING


PROMO MEMBERSHIP (LOYALTY POINT)