Kamis, 18 Februari 2021

Inggris Jatuhkan Sanksi kepada 3 Jenderal Militer Myanmar

 



Negaratoto - Inggris menjatuhkan sanksi kepada tiga jenderal militer Myanmar. Sanksi itu diberikan setelah junta militer mengudeta pemerintahan pada 1 Februari 2021 lalu.


Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab mengatakan, tiga jenderal itu telah melanggar HAM karena melakukan penangkapan kepada pemimpin sipil, termasuk Aung San Suu Kyi. Selain itu mereka juga telah menetapkan status keadaan darurat selama setahun.

"Kami, bersama sekutu internasional kami akan meminta pertanggungjawaban militer Myanmar atas pelanggaran hak asasi manusia mereka dan mengejar keadilan bagi rakyat Myanmar," kata Rabb dikutip dari Reuters, Jumat (19/2).

Sanksi yang diberikan Inggris adalah mereka akan segara membekukan aset dan larangan perjalanan terhadap tiga jenderal militer Myanmar. Mereka adalah Menteri Pertahanan Mya Tun Oo, Menteri Dalam Negeri Soe Htut dan Wakil Menteri Dalam Negeri Than Hlaing.

Selain kepada tiga jenderal itu, Inggris juga menjatuhkan sanksi terhadap 16 orang dari militer Myanmar.

"Militer dan polisi Myanmar telah melakukan pelanggaran hak asasi manusia yang serius, termasuk melanggar hak untuk hidup, hak atas kebebasan berkumpul, hak untuk tidak ditangkap atau ditahan secara sewenang-wenang, dan hak atas kebebasan berekspresi," tulis pernyataan pemerintah Inggris.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROMO NOMOR REKENING


PROMO MEMBERSHIP (LOYALTY POINT)