Rabu, 21 Oktober 2020

Real Madrid vs Shakhtar Donetsk: Los Blancos Dipermalukan Tamunya yang Pincang

 



Negaratoto - Real Madrid dikalahkan Shakhtar Donetsk di matchday 1 Grup B Liga Champions 2020/21, Kamis (21/10) dini hari WIB. Skor akhir laga 2-3. 


Gol-gol tim tamu dicetak oleh Tete, Raphael Varane (own goal), dan Manor Solomon. Tuan rumah membalas via gol Luka Modric dan Vinicius Jr.





Hasil di Stadion Alfredo di Stefano ini membikin Real Madrid berada di urutan 4 klasemen sementara Grup B Liga Champions 2020/21. Shakhtar Donetsk sendiri menempati peringkat 1.


Line up Real Madrid vs Shakhtar Donetsk


Real Madrid (4-3-3): Thibaut Courtois; Ferland Mendy, Eder Militao, Raphael Varane, Marcelo; Luka Modric, Casemiro, Fede Valverde; Rodrygo Goes, Luka Jovic, Marco Asensio.


Shakhtar Donetsk (4-2-3-1): Anatolii Trubin; Viktor Kornienko, Valeriy Bondar, Davit Khocholava, Dodo; Marlos, Maycon Barberan; Tete, Marcos Antonio, Manor Solomon; Dentinho.


Trivia: Los Blancos kehilangan Sergio Ramos dan Eden Hazard yang cedera; The Miners main tanpa setidaknya 9 pemain inti (ada yang cedera, ada yang corona): Serhiy Kryvtsov, Mykola Matviienko, Ismaily, Taras Stepanenko, Alan Patrick, Viktor Kovalenko, Taison, Junior Moraes, hingga Serhiy Bolbat.


Jalannya laga Real Madrid vs Shakhtar Donetsk


Melihat fakta di atas, laga ini seperti akan menjadi laga yang gampang buat Real Madrid. Namun, hingga 10 menit laga berjalan, opini itu tampak keliru. 


Armada Zinedine Zidane kesulitan membongkar pertahanan pasukan Luis Castro, meski nyatanya Asensio bisa melepas dua tembakan (satu akurat). Shakhtar Donetsk tak takut bermain keras dan lebih menjaga penguasaan bola.


Shakhtar Donetsk bahkan nyaris unggul lebih dulu pada menit 13. Bola umpan terobosan ke area pertahanan Real Madrid yang kosong sukses disambut baik oleh Marlos. Namun, Courtois masih sigap menepis tendangannya.


Petaka bagi Real Madrid akhirnya datang. Pada menit 28, Shakhtar Donetsk unggul 1-0 berkat sepakan Tete. 


Apresiasi untuk Viktor Korniienko yang menggocek 3 bek tim Ibu Kota Spanyol itu sebelum melepas umpan datar pada pemain bernama asli Mateus Cardoso Lemos Martins tersebut. 1-0.


Derita Real Madrid kian bertambah pada menit 32. Lagi-lagi, Tete. 


Pemain berjersi nomor 14 itu meliuk-liuk di area pertahanan Madrid lalu melepas tendangan keras. Memang, Courtois bisa menepisnya, tetapi bola muntah gagal disapu dengan baik oleh Varane dan masuk ke gawang sendiri. 2-0.


Real Madrid kian terpuruk. Pada menit 41, Shakhtar Donetsk menambah keunggulan menjadi 3-0. Solomon mencetak gol usai melakukan umpan 'one-two' dengan Tete.


Masalah Real Madrid adalah tidak mampu menembus pertahanan lawan karena Shakhtar Donetsk menumpuk pemain di area pertahanan. Tidak selalu di kotak penalti, tumpukan pemain itu cukup mobile bergerak sesuai arah umpan Real Madrid.


Bayangkan, 5-8 pemain Shakhtar Donetsk melakukan zonal marking terhadap striker dan winger Real Madrid. Ketat.


Real Madrid menyiasatinya dengan memasang garis pertahanan tinggi. Keempat bek mereka ikut maju untuk membantu serangan, tetapi hasilnya itu malah jadi celah bagi Shakhtar Donetsk untuk mencetak gol, dengan melepas umpan-umpan langsung ke depan.


Skor 3-0 bertahan hingga jeda. Real Madrid melepas lima tembakan (dua akurat), Shakhtar Donetsk membuat empat tembakan akurat (tiga jadi gol).


Pada awal babak kedua, Real Madrid coba mengubah keadaan. Namun, masalah di babak pertama masih sulit ditemukan solusi apiknya. Akhirnya, Real Madrid sukses memperkecil ketertinggalan menjadi 3-1 via sepakan jarak jauh Modric di menit 54.


Setelah gol itu, Real Madrid kian bersemangat. Hasilnya, Vinicius Junior yang mencuri bola dari Marlos yang lengah sukses membawa bola hingga ke kotak penalti dan mencetak gol via sepakannya pada menit 59. Skor 2-3.


Sekadar informasi, Vinicius baru benar-benar dimasukkan pada menit 58, lho. Winger muda Brasil itu menggantikan Luka Jovic. Baru sekitar 15 detik di lapangan, dia sudah bikin satu gol.


Setelahnya, Real Madrid berusaha mencetak gol penyama kedudukan. Namun, rapatnya baris pertahanan Shakhtar Donetsk membikin mereka kesulitan. Plus, mereka pun beberapa kali nyaris dibobol lagi karena dampak lengahnya pertahanan tinggi.


Akhirnya, gol penyama yang ditunggu itu tiba. Sepakan Valverde di masa injury time mengubah skor jadi 3-3. Namun, berdasarkan tinjauan VAR, gol itu dianulir. Skor akhir 2-3.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROMO NOMOR REKENING


PROMO MEMBERSHIP (LOYALTY POINT)