Kamis, 22 Oktober 2020

Akun Twitter Trump Sempat Diretas Minggu Lalu oleh Ahli Keamanan Belanda

 



Negaratoto - Akun Twitter Presiden AS Donald Trump diretas minggu lalu, setelah seorang peneliti Belanda menebak secara tepat kata sandi akun Trump. Dilansir The Guardian, kata sandi akun Trump adalah "maga2020!".



Berdasarkan laporan surat kabar De Volkskrant, Victor Gevers yang merupakan ahli keamanan memiliki akses ke DM Trump, dapat menulis tweet atas nama Trump dan mengubah profile-nya.


Gevers -- yang sebelumnya berhasil masuk ke akun Trump pada 2016 lalu -- berhasil mengakses akun Trump setelah menebak kata sandi yang digunakan. Ia mencoba "maga2020!" pada percobaan kelima dan berhasil. Maga merupakan kepanjangan dari jargon kampanye Trump, yaitu Make America Great Again.


"Saya menduga akan diblokir setelah empat kali percobaan yang gagal. Atau setidaknya ditanya untuk memberikan informasi tambahan," kata Gevers kepada De Volkskrant.


Meski demikian, Twitter membantah laporan tersebut.


"Kami tidak pernah melihat bukti apa pun yang dapat mendukung klaim ini, termasuk dari artikel yang dipublikasikan di Belanda hari ini. Kami secara aktif menerapkan langkah-langkah keamanan untuk akun tertentu, akun yang berhubungan dengan Pemilu di AS, termasuk akun cabang pemerintahan federal," kata jubir Twitter dalam pernyataannya.


Di sisi lain, Gevers menyebut kemudahan mengakses akun Trump menunjukkan bahwa Presiden AS itu tidak menggunakan langkah keamanan dasar seperti verifikasi dua langkah.


Mendapatkan akses ke akun Twitter Trump berarti Gevers mendapatkan akses untuk terhubung dengan 87 juta followers Trump dan dalam pengakuannya, dia sempat panik.


"Jadi dia mencoba memperingatkan orang-orang. Tim kampanye Trump, keluarganya. Dia mengirimkan pesan lewat Twitter dan bertanya apakah seseorang akan menarik perhatian Trump atas fakta bahwa akun Twitternya tidak aman. Dia menandai CIA, Gedung Putih, FBI, dan Twitter. Tidak ada respons," tulis surat kabar itu.


Sehari setelah mendapatkan akses, Gevers menyadari bahwa verifikasi dua langkah telah diaktifkan pada akun Trump. Dua hari kemudian, Secret Service menghubunginya. Berdasarkan laporan De Volkskrant, mereka berterima kasih karena telah melaporkan masalah keamanan kepada mereka.


Sebelumnya pada tahun 2016, Gevers dan dua orang lainnya berhasil mendapatkan akses ke akun Trump setelah menebak kata sandinya. Saat itu, kata sandi yang digunakan Trump adalah "yourefired".

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

PROMO NOMOR REKENING


PROMO MEMBERSHIP (LOYALTY POINT)